Rabu, 24 Februari 2016

The Differentiation between Education and Learning (Diferensiasi Pendidikan dengan Belajar)



PENDIDIKAN
Pengertian pendidikan menurut beberapa ahli yaitu: 
Dr. M. J Langveld
Pendidikan merupakan upaya manusia dewasa membimbing manusia yang belum dewasa kepada kedewasaan. Pendidikan ialah usaha menolong anak untuk melaksanakan tugas-tugas hidupnya agar bisa mandiri, akhil baliq dan bertanggung jawab secara susila. Pendidikan adalah usaha mencapai penentuan diri, susial dan tanggungjawab. Pendidikan menurut Dr. M. J Langveled merupakan pemberian bantuan dan bimbingan rohani yang masih memerlukan yang dimulai kalu anak sudah mengerti ati gezrg (kewibawaan). 
Driyarkara
Pendidikan didefinisikan sebagai upaya memanusiakan manusia muda, atau pengangkatan manusiamuda ketaraf insani (Driyakara, Driyarkara tentang pendidikan yayasan kanisius, Yogyakarta, 1950, hlm. 74.)
      Vanpetten Handerson
Pendidikan merupakan kombinasi dari pertumbuhan dan perkembangna insani dengan warisan sosial.
      Kohnstamm dan gunning (1995)
Pendidikan adalah pembentukan hati nurani. Pendidikan adalah proses pembentukan diri dan penentuan diri secara etis sesuai dengan hati nurani.
      John Dewey 1978
Pendidikan adalah segala sesuatu bersamaan dengan pertumbuhan; pendidikan sendiri tidak punya tujuan akhir dibalik dirinya.

BELAJAR

      Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252)
Belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya
      Gagne dalam bukunya The Conditions of Learning 1977
Belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang  keadaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan.
      Moh.Surya (1981:32)
Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.
      Winkel
Belajar adalah suatu aktivitas mental/psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan dan sikap-sikap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar