PENDIDIKAN
Pengertian pendidikan menurut beberapa ahli yaitu:
Dr. M. J Langveld
Pendidikan merupakan upaya manusia dewasa membimbing manusia yang belum dewasa kepada kedewasaan. Pendidikan ialah usaha menolong anak untuk melaksanakan tugas-tugas hidupnya agar bisa mandiri, akhil baliq dan bertanggung jawab secara susila. Pendidikan adalah usaha mencapai penentuan diri, susial dan tanggungjawab. Pendidikan menurut Dr. M. J Langveled merupakan pemberian bantuan dan bimbingan rohani yang masih memerlukan yang dimulai kalu anak sudah mengerti ati gezrg (kewibawaan).
Driyarkara
Pengertian pendidikan menurut beberapa ahli yaitu:
Dr. M. J Langveld
Pendidikan merupakan upaya manusia dewasa membimbing manusia yang belum dewasa kepada kedewasaan. Pendidikan ialah usaha menolong anak untuk melaksanakan tugas-tugas hidupnya agar bisa mandiri, akhil baliq dan bertanggung jawab secara susila. Pendidikan adalah usaha mencapai penentuan diri, susial dan tanggungjawab. Pendidikan menurut Dr. M. J Langveled merupakan pemberian bantuan dan bimbingan rohani yang masih memerlukan yang dimulai kalu anak sudah mengerti ati gezrg (kewibawaan).
Driyarkara
Pendidikan didefinisikan sebagai upaya memanusiakan manusia muda,
atau pengangkatan manusiamuda ketaraf insani (Driyakara, Driyarkara tentang
pendidikan yayasan kanisius, Yogyakarta, 1950, hlm. 74.)
Vanpetten Handerson
Pendidikan merupakan kombinasi dari pertumbuhan dan perkembangna
insani dengan warisan sosial.
Kohnstamm dan gunning (1995)
Pendidikan adalah pembentukan hati nurani. Pendidikan adalah proses
pembentukan diri dan penentuan diri secara etis sesuai dengan hati nurani.
John Dewey 1978
Pendidikan adalah segala sesuatu bersamaan dengan pertumbuhan;
pendidikan sendiri tidak punya tujuan akhir dibalik dirinya.
BELAJAR
BELAJAR
Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252)
Belajar
merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian
menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan
oleh lainnya
Gagne dalam bukunya The Conditions of Learning 1977
Belajar
merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku,
yang keadaannya berbeda dari sebelum
individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang
serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan.
Moh.Surya (1981:32)
Belajar adalah
suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan
tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu
sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.
Winkel
Belajar
adalah suatu aktivitas mental/psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif
dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan,
pemahaman, ketrampilan dan sikap-sikap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar