Selasa, 23 Februari 2016

Policy Recomendation for Diarrhea Case Health-Quantitative Data in Sleman Yogyakarta Special District Indonesia (Rekomendasi Kebijakan pada Kasus Diare berdasarkan Data Kuantitatif Kesehatan di Kabupaten Sleman)

Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif kasus diare di Kabupaten Sleman pada artikel sebelumnya maka didapatkan rekomendasi kebijakan pendidikan sebagai berikut. 
  1. Kegiatan Promosi Kesehatan dilakukan dalam bentuk kegiatan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) untuk penanggulangan diare dalam tatanan Institusi Pendidikan agar dapat terjalin kerja sama antara instansi kesehatan dengan instansi pendidikan. 
  2. Poskesdes dapat mengakomodasikan kegiatan-kegiatan UKBM (Posyandu, Poksila/Kelompok Usia Lanjut, GSI/Gerakan Sayang Ibu, surveilens penyakit menular, pendataan risiko tinggi, PHBS, Kesehatan Lingkungan, dll) dengan kebijakan sekolah baik terintegrasi dengan tema pembelajaran maupun melalui ekstrakurikuler sekolah, sedang untuk masalah kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif dilakukan dengan kerjasama atau sistem rujukan ke pelayanan kesehatan yang ada di wilayah tersebut (Puskesmas Pembantu, Puskesmas, Balai Pengobatan, Klinik Ibu & Anak, Rumah Sakit, dll). Salah satu UKBM yang dikelola Dinas Kesehatan adalah Pengobat Tradisional (Battra), yang sampai saat ini baru dilakukan pendaftaran/registrasi bagi Battra yang mendaftar, belum dilakukan pemantauan/monitoring terhadap kegiatan Battra tersebut. UKBM-UKBM ini dapat dimanfaatkan sekolah sebagai tempat pembelajaran dan pengobatan diare.
  3. Pembinaan UKS dengan Sekolah Sehat, dapat dilaksanakan melalui upaya penyegaran pada guru UKS, pengadaan perlengkapan sarana UKS, pelatihan dokter kecil untuk menunjang kegiatan UKS di sekolah.
Sumber:
  1. Achmadi, Umar Fahmi. (2005). Manajemen Penyakit Berbasis Wilayah. Yogyakarta: KOMPAS.
  2. Anies.(2006). Manajemen Berbasis Lingkungan: Solusi Mencegah dan Menanggulangi Penyaki Menular. Yogyakarta: Elex Media Komputindo.
  3. Anies. (2005). Mewaspadai Penyakit Lingkungan. Yogyakarta: PT Gramedia.
  4. Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman. (2013). Data Kependudukan Kabupaten Sleman.
  5. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2003). Standar Pengawasan Program Bidang Kesehatan: Penanggulangan Diare.
  6. Departemen Kesehatan Kabupaten Sleman. (2013). Profil Kesehatan Kabupaten Sleman.
  7. Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 1991 tentang Penanggulangan Penyakit Menular. 
  8. Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 949/MENKES/SK/VIII/2004 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Sistem Kewaspadaan Dini Kejadian Luar Biasa (KLB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar